Arahan Upacara Sarang Burung Walet Paling Baru

Upacara Sarang Burung Walet

263
Foto Upacara Sarang Burung Walet , via :infobudaya.net

Sarang burung walet selesai dipetik kebanyakan diolah untuk dibuat sajian berwujud sop. Sarang ini bermula dari air ludah burung walet yang menjadi keras lantaran terkena angin. Kandungan vitamin dalam sarang walet terhitung amat tinggi, terlebih di negri Cina, diakui merupakan sebuah formula utk awet belia.

Bagaimana Sarang Walet DiKembangkan?

Di Indonesia dan dibeberapa kota sudah semenjak lama dikenal habitat dari burung walet. Lebih Khusus di pulau Jawa.

Burung walet tersebut menyukai berteduh di bidang gelap & lembab gedung seperti langit – langit gedung atau di mana saja yang sama seperti habitat alami mereka (gua laut). Penduduk setempat telah memetik sarang burung walet sejak hari permulaan membina hubungan simbiotik semenjak beberapa generasi – manusia menyediakan ruang berteduh, burung sediakan sarang.

Kalau zaman dulu loteng bangunan dibiarkan seadanya untuk gedung walet, maka saat ini para peternak burung walet menyiapkan gedung spesial buat menerima burung – burung walet tersebut. Pondok burung walet yg bagus mempunyai tinggi enam sampai 8 meter tanpa loteng, tugasnyanya buat menormalkan temperatur serta kelembaban. Burung walet condong makin gandrung loteng tinggi karena langit-langit yg tinggi menjadikan temperatur yg lebih dingin.

Diwaktu membuat gedung burung walet, peternak walet pun pertimbangkan bahan yang diperlukan untuk membuat tembok: sebahagian besar larutan kapur, pasir dan semen dgn perbandingan khusus buat menyerupai goa laut. Kemudian, Lingkungan pondok burung walet juga esensial, burung-burung cenderung pilih area tinggal yg luas, tidak dengan terlalu banyak pohon-pohon tinggi menjulang di atas rumah.

Tahap seterusnya setelah gedung burung sukses berdiri ialah menciptakan cara utk menarik walet supaya bersedia bersarang.

Cara yg umum yaitu dengan memakai tweeter yg sudah diubah yg menghasilkan nada – nada khusus burung. Disaat menghidupkan nada idealnya dibedakan berdasarkan musim yang terjadi. Contohnya masa kawin, maka pilihalah nada burung kala ingin kawin.

Kekurangan Usaha Sarang Burung Walet

Burung walet sudah menghasilkan faedah yang melimpah bagi para petani yang serius menerjuninya. Tapi kesemuanya itu diperoleh dari kecakapannya dalam membuat & merawat area tinggal yg cocok utk burung walet. Burung Walet rentan akhirnya pindah ke ruangan lain apabila factor itu tidak dijaga oleh pengusaha burung-burung.

Sayangnya segelintir pengusaha sarang burung walet tetap melakukan perlakuan tak etis didlm bisnis ini. Ini termasuk juga memetik sarang sebelum induk bertelur, yg dapat menyebabkan efek trauma terhadap induk burung walet. Merampas sarang dgn telur atau burung anakan di dalamnya pun memicu kekuatiran etis yang mesti dipikirkan oleh para peternak.

Bukan hanya itu, burung walet rata rata tak punya problem dalam mengolah sarang yang baru sehabis yg lama dipetik, selagi petani tidak sering melakukannya – sebaiknya tidak lebih dari sekali tiap-tiap bbrp bln.

Ada demikian berlimpah aspek yg dapat salah misalnya gagal memanggil walet atau beralihnya lingkungan sebagaimana kurangnya incaran di lingkungan yg mengusir walet.

Mengambil Sarang adalah ancaman tersendiri. Burung walet menyukai membikin ruang hidup mereka yang tinggi di atap, yg telah acap kali mengorbankan jiwa bagi orang yg menuai sarang walet.


Shinta

Shinta

Energik - Pemaaf - Cat Lover

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *