Pedoman Sarang Walet Kal-sel Yang Paling Baru

Sarang Walet Kal-sel

Sarang Walet Kal-Sel

brosur lomba burung eb odjoss fiesta jakarta 13 oktober 2013
Contoh Sarang Walet Kal-Sel , via :omkicau.com

Sarang walet ialah sarang burung yg dibuat oleh burung walet yg boleh disantap, asalnya dari burung walet Asia, India, Australia & burung walet yang lain yg menggunakan air liur yg pampat, yg diambil untuk pangan manusia. Kandungan nilai gizi pada sarang walet terhitung amat sangat tinggi, terlebih di negara Cina, dipercaya sebagai salah satu ramuan utk awet muda.

Dengan Cara Apa Sarang Walet DiKembangkan?

Burung walet di Indonesia sudah sejak dulu ada dan diyakini. Keberadaan mereka diketahui sudah ada lebih dari beberapa ratus tahun yang lalu. Sebahagian besar burung – burung tersebut berada di kota-kota Jawa dan sebahagian lagi di sebahagian daerah Kalimantan dan Sumatera. 

Burung walet tersebut gemar berteduh di bagian gelap dan lembab hunian sebagaimana atap rumah bangunan atau di mana pun yg menyerupai tempat tinggal aslinya (goa laut). Warga sekitar sudah mengambil sarang mereka sedari hri pertama membina interaksi simbiosis selama dulu – manusia mempersiapkan tempat bersarang, burung mengasihkan sarang.

Jika dahulu loteng hunian dibiarkan apa adanya untuk bangunan walet, maka kala ini para peternak burung walet mempersiapkan pondok khusus buat menerima burung2 walet itu. Pondok burung walet yang nyaman memiliki ketinggian 6 sampai delapan meter tidak dengan langit-langit, gunanya utk menormalkan suhu juga kelembaban. Karena burung walet gemar dengan suhu hawa dingin & lembab maka langit-langit yang tinggi dapat menjadikannya kerasan untuk bercokol.

Bahan bangunan yg digunakan sbg dinding gedung burung mesti diukur bersama rasio yg cocok biar tercipta situasi yg mirip dgn goa di pinggir pantai. Seterusnya, Walet didapati cenderung memilih habitat yg luas juga lapang. Maka perihal area tinggal ini pun jadi utama untuk dirumuskan.

Baca Juga  Informasi Sarang Walet Bix Yang Paling Bagus

Sehabis membentuk gedung burung walet, tahapan setelah itu ialah memikirkan siasat buat memanggil walet.

Umumnya pebisnis burung walet menggunakan rekaman suara burung yang sudah dirubah sesuai dgn frekuensi nada burung. Selayaknya, petani memainkan suara yg tidak sama pas dengan saat tertentu: musim kawin, atau musim berbuah.

Kelemahan Bisnis Sarang Burung Walet

Petani burung walet umumnya merasakan tingkat keuangan yg lumayan dalam rutinitas semi-domestikasi ini. Tapi seluruh itu dicapai dari kemahirannya buat membuat & mengurus area tinggal yg cocok untuk burung walet. Lantaran apabila aspek itu tak dipenuhi maka bisa menyebabkan minggatnya burung walet utk memilih area tinggal lain.

Meski begitu beberapa pebisnis masihlah melangsungkan praktek tidak bagus di dalam usaha mereka. Ini termasuk menuai sarang sebelum induk bertelur, yg dapat menyebabkan efek trauma kepada induk burung walet. Mengambil sarang bersama telur atau burung anakan di dalam sarang serta mengakibatkan kekuatiran etik yg mesti diwaspadai bagi para petani.

Selain itu, burung walet kebanyakan tidak memiliki problem didalam membuat rumah baru setelah yg terdahulu dituai, asalkan peternak tak sering melakukannya – seharusnya tak lebih dari satu tiap-tiap beberapa waktu.

Ada begitu berlimpah hal yg keliru contohnya misal tidak berhasil menyeru burung walet atau bergantinya area tinggal misalnya terbatasnya mangsa di lingkungan yang memicu burung pergi.

Saat Memanen sarang adalah ancaman yang unik. Walet menyenangi membuat ruang bercokol mereka yg menjulang di atas atap, yg telah acap kali mengorbankan nyawa orang yg menuai sarang walet.


Shinta

Shinta

Energik - Pemaaf - Cat Lover

Tinggalkan Balasan