Tips Cara Mengolah Sarang Walet Untuk Lovebird Teranyar

Cara Mengolah Sarang Walet Untuk Lovebird

maxresdefault
Gambar Cara Mengolah Sarang Walet Untuk Lovebird , via :youtube.com

Sarang burung walet yakni suatu product hewani paling mewah yang disantap oleh manusia, bersama sarang yang dipasarkan dengan harga hingga kira kira 15 juta / kilo gram, bergantung pada nilainya. Pada negri Cina, sarang burung ini bernilai mahal. Terkecuali sebab rasanya yang nyaman, juga nutrisinya yg diakui cocok untuk kesehatan & awet muda.

Gimana Sarang Walet Diternakkan?

Sejak setidaknya 150 thn yang lalu rumah – rumah di area Jawa dan wilayah lain di negeri ini sdh biasa memelihara burung walet.

Burung-burung walet ini gemar bertengger di bidang gelap dan lembab rumah misalnya langit – langit hunian maupun di mana pun yg menyerupai tempat tinggal aslinya (gua laut). Burung walet & manusia sudah tinggal beriringan sedari generasi terdahulu & menciptakan satu buah hubungan simbiosis antara satu dengan yang yang lain. Pada satu sisi burung mengharapkan tempat untuk hinggap, disisi lain, manusia mempersiapkan rumahnya dan mengambil sarangnyanya.

Bila dulu langit-langit bangunan dibiarkan apa adanya buat pondok walet, maka diwaktu ini para petani sarang walet mengadakan bangunan khusus buat mewadahi burung – burung walet tersebut. Gedung burung walet yang bagus memiliki ketinggian 6 s/d delapan m tanpa langit-langit, tugasnyanya untuk menormalkan temperatur juga kelembaban. Karena burung walet gandrung dengan suhu udara dingin dan lembab maka langit-langit yang tinggi bakal membikin dia betah buat bercokol.

Bahan bangunan yg difungsikan yang merupakan pembatas rumah walet mesti ditakar dengan rasio yg sesuai supaya tercipta suasana yang mirip dengan goa di pinggir pantai. Sesudah Itu, Factor penting yang lain yaitu lingkungan pondok burung walet. Burung walet lebih senang area tinggal yang luas dan lapang, dengan sedikit pokok kayu tinggi.

Setelah mendirikan bangunan burung walet, langkah selanjutnya yakni membuat siasat buat mengundang walet.

Pengusaha mutakhir memakai rekaman suara burung walet dan menaruh tweeter yg diubah di dalam pondok utk menghasilkan frekuensi tinggi yang bisa diingat oleh burung walet. Idealnya, pengusaha menghidupkan suara yang tidak serupa serasi dgn ketika tertentu: periode kawin, atau musim berbuah.

Kekurangan Industri Burung Walet

Peternak walet biasanya menikmati tingkat pendapatan yang bagus dlm adat semi-domestikasi ini. Rahasia primernya ada di pondok burung walet pun pengurusan lingkungan yg serasi utk walet. Seandainya tidak burung-burung dapat pindah dan mencari keadaan area tinggal yg lebih baik.

Sayangnya banyak petani walet masih menjalankan muslihat tdk baik didalam bisnis ini. Diantaranya ialah membuat trauma terhadap indukan burung karena mengambil sebelum indukan sempat bertelur. Tidak jarang pula terjadi sarang walet dirampas dengan telur maupun burung muda masih berada didlm sarangnya.

Bukan hanya itu, burung walet kebanyakan tidak memiliki kesulitan dalam membuat sarang yg baru selepas yg dulu dipetik, asalkan pengusaha walet tdk sering memanennya – idealnya tak lebih dari sekali setiap beberapa bln.

Ada demikian berlimpah hal yg mampu salah misalnya gagal mengundang walet atau beralihnya area tinggal misalnya kekurangan makanan di lingkungan yang membawa dampak burung walet terusir.

Mengambil Sarang merupakan bahaya yang unik. Burung walet menyenangi mengolah area tinggal mereka yg tinggi di langit-langit, yang sudah sering mengancam nyawa bagi orang yang memetik sarang.


Shinta

Shinta

Energik - Pemaaf - Cat Lover

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *